Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rafael Nadal Cetak Sejarah Usai Kalahkan Casper Ruud di Final French Open

ayotenis.ID, Paris  – Rafael Nadal mencatatkan sejarah di pentas tenis dunia setelah ia menjadi orang pertama yang berhasil memenangi 22 gelar tunggal putra turnamen grand slam. Rafa, demikian sapaan petenis berkewarganegaraan Spanyol itu akrab disapa, juga menjadi orang pertama yang sukses mengangkat 14 kali trophy French Open.

Rafa kembali sukses menyabet gelar tunggal putra Prancis Terbuka, menyusul kemenangan yang dibukukannya atas petenis muda Norwegia, Casper Ruud, pada laga pamungkas yang dimainkan di lapangan tanah liat Philippe-Chatrier, Minggu (05/06/2022) malam WIB.

Kemenangan Rafa sudah nampak sejak pertandingan baru dimulai. Petenis yang pada 3 Juni kemarin baru saja merayakan ulang tahunnya yang 36 itu, sangat mendominasi jalannya laga. Ia berhasil mengunci set pembuka dengan skor 6-3.

Pada set kedua, dominasi suami Maria Francisca Perello itu kembali terlihat. Rafa menggembok set tersebut dengan skor yang sama seperti set sebelumnya, 6-3.

Puncaknya terjadi pada set ketiga. Rafa tak memberi kesempatan sedikit pun pada petenis berusia 23 tahun itu untuk mengembangkan permainnya. Rafa pun mengunduli Casper Ruud dengan skor telak 6-0 untuk sekaligus memastikan dirinya tampil sebagai kampiun Roland Garros untuk kali ke 14.

Dengan demikian Rafael Nadal semakin mengukuhkan dirinya sebagai king of the clay. Untuk sementara ia juga meninggalkan Novak Djokovic dan Roger Federer dalam jumlah gelar juara grand slam. Hingga saat ini, Novak dan Federer sudah merengkuh 20 gelar grand slam, sementara Rafa telah mengoleksi 22 gelar juara grand slam.

Yang menarik, Rafael Nadal meraih gelar juara grand slam Prancis Terbuka pertama kali pada tahun 2005 saat usianya masih sangat muda, yaitu 19 tahun 3 hari. 

Di perhelatan French Open 2022 ini, Rafael Nadal yang kini berumur 36 tahun 3 hari, tercatat sebagai finalis tertua dalam sejarah turnamen grand slam selama ini dan ia memenangkannya. Dengan demikian Rafa sekaligus menjadi juara grand slam tertua.

Sah bila Rafael Nadal juga menyandang gelar legenda hidup tenis dunia.

Roland Garros