Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Piala BJK: Belum berakhir, Timnas Tenis Indonesia masih miliki peluang bertahan di grup 1 Asia Oseania

ayotenis.ID, Antalya, Turki  – Walaupun semakin menipis, peluang tim nasional (timnas) tenis beregu putri Indonesia untuk tetap bertahan di grup 1 Asia Oseania Piala Billie Jean King (BJK) belumlah berakhir.

Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya, Jessy Rompies dan Fadona masih akan melakoni dua pertandingan sisa, yakni versus tim tangguh China dan Selandia Baru sebelum angkat kopor dari Kota Antalya, Turki. Bila anggota timnas tenis Merah Putih berhasil memaksimalkan hasil di dua laga tersebut, sementara India dan Selandia Baru terjerembab di dua pertandingan sisa mereka, maka kans Indonesia untuk kembali berlaga di grup 1 Asia Oseania BJK Cup (atau yang dulu dinamai Fed cup) tahun depan masih terbuka.

Sebenarnya punggawa tenis Garuda putri memiliki peluang untuk berada di zona aman andai saja mereka berhasil menundukkan tim yang relatif memiliki kekuatan setara, yakni India. Akan tetapi sayangnya, Aldila Sutjiadi cs hanya berhasil memenangi satu partai dari tiga partai yang dimainkan ketika berjibaku menghadapi Ankita Raina dan kawan-kawan.

Pada pertandingan yang dihelat di lapangan tanah liat MTA Tennis Academy Antalya, hari Kamis (14 April 2022), Beatrice Gumulya yang kembali diberi kepercayaan menjadi pemain pembuka, harus menyerah pada petenis tunggal kedua India, Rutuja Bhosale. Bea, begitu sapaan akrab Beatrice Gumulya, kalah dalam dua set langsung, 4-6, 1-6.

Di partai kedua, petenis putri nomor terbaik Negeri ini, Aldila Sutjiadi yang kemungkinan masih kelelahan usai tampil habis-habisan di turnamen tenis profesional WTA (Women's Tennis Association -redCopa Colsanitas", juga membukukan hasil yang tak jauh berbeda dengan yang diraih oleh Bea. Dila, panggilan karib petenis jelita kelahiran tahun 1995 itu, dikalahkan oleh tunggal pertama India, Ankita Raina, straight set 1-6, 2-6.

Kemenangan perdana timnas tenis Merah Putih di ajang BJK Cup tahun ini akhirnya tercipta di partai ketiga yang mempertandingkan sektor ganda. Aldila Sutjiadi yang kali ini bertandem dengan Jessy Rompies berhasil mengakhiri perlawanan pasangan andalan India, Sowjanya Bavisetti / Riya Bhatia, lewat pertarungan selama tiga set yang berkesudahan dengan skor 6-4, 6-7(7), 6-2.

Menilik hasil ini, maka dua laga tersisa Indonesia akan menjadi sangat krusial. Menghadapi China pada Jumat (15 April 2022) dan Selandia Baru pada Sabtu (16 April 2022), timnas tenis putri yang di kapteni oleh Deddy Tedjamukti ini wajib menyapu bersih kedua laga itu dengan kemenangan agar mereka kembali punya kans lepas dari jurang degradasi.

Ayo Aldila Sutjiadi, Ayo Beatrice Gumulya, Ayo Jessy Rompies, Ayo Fadona... Kalian Bisa !

Klasmen BJK Cup Group 1 Asia Oceania s/d Kamis (15/04/2022)