Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Piala Billie Jean King: Indonesia versus Korea Selatan. Ini Tangapan Kapten Deddy Tedjamukti

ayotenis.id, Antalya, Turki  – Tim tenis beregu putri Indonesia mengawali debut di kejuaraan tenis beregu putri dunia Piala Billie Jean King (BJK Cup atau yang dulu dinamai FED Cup) Group 1 Asia Oceania dengan menghadapi tim kuat Korea Selatan.

Pada laga yang dipertandingkan di lapangan tanah liat MTA Tennis Academy Antalya, Turki, hari Selasa (12 April 2022) malam WIB, di partai perdana Indonesia menurunkan petenis ranking 857 tunggal WTA (Women's Tennis Association -red), Beatrice Gumulya, sedangkan Korea Selatan memainkan petenis berperingkat 217 tunggal WTA, Han Na Lae.

Pada duel tersebut, Bea, pangilan karib Beatrice Gumulya, harus mengakui keperkasaan Han Na Lae dalam dua set langsung 0-6, 3-6.

Berikutnya di partai kedua yang memainkan tunggal pertama kedua negara, Merah Putih menurunkan petenis andalannya yang saat ini bercokol di peringkat 350 tunggal WTA, Aldila Sutjiadi, sedangkan Negeri Ginseng menerjunkan petenis ranking 145 tunggal WTA, Jang Su Jeong.

Dila, sapaan akrab Aldila Sutjiadi, yang minggu lalu baru saja menjadi kampiun nomor ganda putri turnamen WTA Bogota bersama petenis Australia, Astra Sharma, juga harus mengakui kehebatan sang lawan. Dila kalah straight set 6-4, 6-1.

Hasil laga dua partai tunggal itu menjadikan kedudukan antara Indonesia kontra Korea Selatan menjadi 0-2.

Pada partai ketiga yang mempertandingkan nomor ganda, Indonesia memainkan duet peraih medali emas cabang olahraga tenis SEA Games Manila 2019, Beatrice Gumulya dan Jessy Rompies, sementara Korea Selatan menurunkan duet andalan mereka, Dabin Kim dan So Hyun Park.

Menang 6-4 di set pertama, Beatrice/Jessy menyerah 1-6 di set kedua. Skor sama kuat memaksa pertandingan harus dirampungkan dengan memainkan set penentu.

Laga berjalan alot di set ketiga. Kedua pasangan sama-sama ngotot berusaha memenangkan pertandingan. Akan tetapi sayang, keberuntungan kurang memihak pasangan ganda Merah Putih. Beatrice/Jessy kalah tipis 7-6(9). Kedudukan antara Indonesia versus Korea Selatan pun berubah menjadi 0-3.

"Kita memang kalah dengan Korea, secara ranking juga, meskipun ada beberapa point ketat tetap tidak berhasil ambil gamenya." ucap kapten tim Indonesia Deddy Tedjamukti, ketika dihubungi ayotenis.id, raket.id, tenisIndonesia.com dan ayotenis.com, Rabu (13/04).

Di pertandingan berikutnya, Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan bakal kembali harus bertarung menghadapi tim kuat, yakni Jepang, yang pada laga perdana menorehkan kemenangan telak 3-0 atas tim tenis beregu putri India.

Berikut hasil lengkap Piala Billie Jean King Group 1 Asia Oceania Hari Pertama, Selasa (12 April 2022):

Indonesia versus Korsel

Partai Pertama:

Beatrice Gumulya (Indonesia) versus Han Na Lae (Korea Selatan): 0-6, 3-6

Partai Kedua:

Aldila Sutjiadi (Indonesia) versus Jang Su Jeong (Korea Selatan): 4-6, 1-6

Parta Ketiga:

Beatrice Gumulya/Jessy Rompies (Indonesia) versus Dabin Kim/So Hyun Park (Korea Selatan): 6-4, 1-6, 6-7(9)

China versus Selandia Baru

Partai Pertama:

Yue YUAN (ChinaversusVivian YANG (Selandia Baru): 7-5 6-2

Partai Kedua:

Qiang WANG (Chinaversus Paige HOURIGAN (Selandia Baru): 6-4 6-0

Partai Ketiga:

YiFan XU (China) / Zhaoxuan YANG (China) versus Valentina IVANOV (Selandia Baru) / Erin ROUTLIFFE (Selandia Baru): 6-3 6-1

Jepang Vs India

Partai Pertama:

Yuki NAITO (Jepangversus Rutuja BHOSALE (India): 6-0 6-4

Partai Kedua:

Mai HONTAMA (Jepangversus Ankita RAINA (India): 6-4 6-4

Partai Ketiga:

Shuko AOYAMA (Jepang) / Ena SHIBAHARA (Jepangversus Sowjanya BAVISETTI (IND) / Riya BHATIA (IND): 6-0 6-4

Selain diperkuat oleh Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya dan Jessy Rompies, tim tenis beregu putri Indonesia di Piala Billie Jean King Group 1 Asia Oceania kali ini juga dihuni oleh Fadona Titalyana Kusumawati.

Tim Piala BJK Indonesia