Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mantap ! Belum Genap 15 Tahun, Siswi SMPIT Al Izzah Serang Banten Juara Kejurnas Tenis BritAma Open

ayotenis.id, Yogyakarta - Petenis putri belia masa depan Indonesia, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya, sukses mencetak prestasi cemerlang di Kota Pelajar. Siswi kelas 9 akwat 1 SMPIT Al Izzah Serang Banten itu, berhasil memenangi gelar juara kategori tunggal putri pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tenis bertajuk "BritAma Open Tennis Tournament" yang diadakan di Yogyakarta.

Cylova, demikian panggilan karib Gadis manis yang baru akan genap berumur 15 tahun pada bulan April mendatang, berhasil menjadi yang terbaik, kontrasetelah ia memenangi pertandingan partai final petenis Jawa Barat, Tiara Naura Nur Azizah (16).

Pada laga yang dimainkan di lapangan tenis Gelanggang Olahraga (GOR) Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hari Minggu (27 Februari 2022) siang WIB, Cylova hanya perlu dua set untuk menyudahi perlawanan petenis yang pernah membela Merah Putih di kejuaraan ITF Asia 14 & Under Closed Championships 2019 yang digeber di Kota Doha, Qatar tersebut. Cylova menundukkan Tiara Naura dengan skor 7-6(3), 6-2.

"Alhamdulilah, tentunya saya sangat senang dan bersyukur dapat menjadi juara di BritAma Open Tennis Tournament ini." ucap Cylova ketika dihubungi ayotenis.id, tenisIndonesia.com dan ayotenis.com (27/02).

Atlet besutan salah satu sekolah tenis terbaik Negeri ini, Jakarta International Tennis Academy (JITA) itu menerangkan, prestasi yang berhasil diraihnya ini tidak terlepas dari dukungan penuh banyak pihak.

"Terima kasih banyak Ayah dan Mami tercinta yang selama ini selalu berupaya memberikan yang terbaik buat saya, terima kasih kepada bapak ibu guru serta seluruh keluarga besar SMPIT Al Izzah Serang Bantenjuga Om Goenawan yang sudah mendampingi melakukan pemanasan setiap pagi di Jogja, coach Revel dan keluarga besar JITA, serta semua pihak yang selama ini sudah mendukung saya merajut prestasi di cabang olahraga tenis." ujar Cylova.

Sementara itu secara terpisah Goenawan Tedjo Sutikno, founder JITA, mengungkapkan rasa bangga atas prestasi mengagumkan yang berhasil dicetak oleh Cylova di kejurnas tenis bergengsi ini.

"Saya Salut atas kegigihan, tekad dan usaha keras Cylova dari babak kualifikasi, menaklukan satu persatu lawan yang lebih berprengalaman, hingga akhirnya mencapai babak kahir dan bahkan juara." ujar pria yang biasa disapa om Gun tersebut.

Capaian Cylova di Kejurnas tenis BritAma Open ini boleh dikata spektakuler, harus merangkak dari tahap kualifikasi, Dara yang lahir pada tahun 2007 itu berhasil melalui satu per satu lawan yang menghadangnya.

Prestasi Cylova ini juga terbilang istimewa karena ia berhasil menjadi juara di kejurnas tenis profesional yang diikuti oleh beberapa petenis papan atas Indonesia, antara lain anggota skuad Asian Games 2018 dan FED Cup Indonesia 2018, Deria Nur Haliza (25) dan peraih medali emas cabang olahraga tenis sektor ganda campuran PON (Pekan Olahraga Nasional) XIX Jawa Barat, Septiana Nur Zahiroh (26). Sekali lagi, Cylova menyandang titel kampiun di kejurnas ini saat ia belum genap berumur 15 tahun !

Cylova Zuleyka Hukmasabiyya (kiri)