Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Australia Terbuka: Depak Denis Shapovalov, Rafael Nadal Melesat ke Semifinal

ayotenis.id, Melbourne, Australia - Rafael Nadal harus bertarung sengit selama lima set sebelum dapat mendepak Denis Shapovalov untuk memastikan satu tiket babak empat besar turnamen tenis grand slam Australian Open 2022.

Pada pertandingan yang dimainkan di Rod Laver Arena, Melbourne, hari Selasa (25 Januari 2022) petang waktu setempat atau siang WIB, Nadal yang pada kejuaraan ini didaulat sebagai unggulan keenam, tanpa kesulitan berarti berhasil memborong dua gim pertama, 6-3, 6-4 untuk memimpin 2-0 atas petenis muda Kanada kelahiran tahun 1999 itu.

Teringgal 0-2, Denis tak mau menyerah begitu saja, ia bahkan mencoba bangkit dan mengejar ketertinggalan. Usahanyapun membuahkan hasil manis. Petenis yang didapuk sebagai unggulan ke 14 itu mampu membalas dengan memborong dua gim beruntun, 6-4, 6-3, sekaligus menyamakan keadaan menjadi berimbang 2-2.

Kedudukan sama kuat memaksa pertandingan harus diselesaikan dengan memainkan set kelima guna menentukan petenis yang berhak memijakkan kaki ke babak semifinal.

Rafael Nadal yang lebih unggul pengalaman, mampu mendominasi jalannya gim kelima. Petenis kebanggaan Spanyol itu pun berhasil menutup set penentu dengan angka 6-3.

Selanjutnya di babak semifinal salah satu kejuaraan tenis paling prestisius sejagad itu, Nadal akan berjibaku menghadapi pemenang laga kuarterfinal lainnya, yakni antara petenis unggulan ketujuh, Matteo Berrettini dari Italia versus petenis unggulan ke 17, Gael Monfils asal Prancis.

Menanggapi kemenangan Rafael Nadal, pengamat sekaligus salah satu legenda hidup tenis Negeri ini, Hadiman, mengungkan harapannya agar semangat juang Nadal dapat dicontoh oleh petenis-petenis muda Indonesia.

"Saya pikir Nadal kelelahan, kalah fisik. Ternyata set 5 bisa menang, berarti keren, bisa mengatur tenaga dan strategi yang tepat. Semoga dapat diconoh oleh para petenis muda Indonesia." ujar coach Hadiman ketika dihubungi ayotenis.id, tenisIndonesia dan ayotenis.com beberapa saat setelah pertandingan antara Nadal Vs Shapovalov berakhir (25/01).

Hasil ini juga sekaligus mendekatkan Rafael Nadal menuju gelar grand slam ke 21. Mungkinkah hal tersebut menjadai kenyataan di Melbourne tahun ini? Menarik untuk kita simak terus kiprah Rafael Nadal di turnamen grand slam Australian Open 2022 ini.

Coach Hadiman (kiri) dan Rafael Nadal