Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah Berhasil Borong Gelar Juara di Bandung, Assyifa Khansa Putri Raga Langsung Alihkan Fokus ke Kejurprov Tenis Kalsel

ayotenis.id, Bandung, Jawa Barat - Tidaklah sia-sia petenis yunior Assyifa Khansa Putri Raga datang jauh dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ke Kota Bandung, Jawa Barat guna mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) bertitel "Seneca Indonesia Fiks Sportama Junior Tennis Open 2021" yang dihelat di Kota Bandung. Atlet tenis besutan Pusat Pelatihan Atlet Pelajar Daerah (PPLPD) Kalimantan Selatan itu, sukses mencetak prestasi mengagumkan dengan memborong dua gelar juara sekaligus, yakni nomor tunggal putri dan nomor ganda putri Kelompok Umur (KU) 12 tahun.

Pada kategori tunggal putri, Khansa, demikian sapaan karib Assyifa Khansa Putri Raga, berhak naik ke podium tertinggi setelah ia mememangi pertandingan babak final kontra atlet tenis Ibu Kota, Gwen Emily Kurniawan.

Pada pertandingan yang dimainkan di lapangan tenis UPI Kota Bandung, hari Rabu (22 Desember 2021) siang WIB, Khansa yang pada kejurnas ini didapuk sebagai unggulan ketiga, mengakhiri perlawanan Gwen Emily Kurniawan yang ditempatkan sebagai unggulan kelima, lewat pertarungan selama tiga set yang berkesudahan dengan angka 4-5(1), 4-2, 4-0.

Sementara di kategori ganda putri, Khansa yang tampil berpasangan dengan Viera Kharisma Novianti, tampil sebagai juara setelah memetik kemenangan atas pasangan Gwen Emily Kurniawan/Kaylee Tandjung.

Berlaga di lokasi yang sama dan dalam waktu yang tidak terpaut jauh dengan final kategori tunggal putri, Khansa/Viera membekuk duet Ibu Kota itu lewat pertarungan selama tiga set yang berkahir dengan angka 3-5, 4-2 (5)

"Alhamdulillah, Khansa juara single dan double di turnamen Fiks ini." ujar Eka Yudha Raga, ayahanda sekaligus pelatih M Ragil Putra Yuda kepada Shirly Arayana Megatama dari ayotenis.id, tenisIndonesia.com dan ayotenis.com (22/12).

Akan tetapi Yuda berharap putrinya itu tidak cepat berpuas diri dan terlampau larut dalam euforia, sebab setelah berjuang di Kota Bandung, Khansa direncanakan bakal langsung bertanding di ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) cabang olahraga tenis se Kalimantan Selatan.

"Besok jam 7 pagi pulang ke Banjarmasin, Khansa dan Ragil langsung ikut Kejurprov se Kalsel... mewakili Kota Banjarmasin. Kejuaraan akan dimulai hari Kamis, Jumat dan Sabtu di Kota Banjarmasin." terang Yuda.

Lebih jauh diugkapkan oleh Pria yang juga petenis veteran di Kota Banjarmasin itu, setelah mengikuti ajang Kejurprov, putrinya diarahkan mempersiapkan diri guna menatap turnamen-turnamen tenis yang diadakan pada tahun 2022 mendatang.

"Habis itu nunggu kejuaraan yang level J 2 kalau ada lagi. Kemunhkinan bisa naik ke KU 14, Umur Khansa  di 2022 kan sudah masuk 12 tahun." tutup Yuda diakhir obrolannya bersama Shirly Arayana Megatama.

Assyifa Khansa Putri Raga (nomor 3 dari kiri)