Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Leylah Fernandez Pernah Kesulitan Taklukkan Priska

ayotenis.id - Petenis muda berbakat asal Kanada, Leylah Annie Fernandez, yang belakangan ini menjadi buah bibir hampir sebagian besar pecinta tenis dunia, lantaran penampilan gemilangnya di perhelatan turnamen Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021, ternyata pernah kesulitan menundukkan salah satu petenis putri andalan Indonesia, Priska Madelyn Nugroho.

Duel antara dua remaja itu terjadi pada putaran final junior Fed Cup World Group 2018 yang dihelat di Budapest, Hungaria. Di ajang bertajuk "2018 Junior Fed Cup by BNP Paribas Finals" tersebut, mereka sempat bertarung sebanyak dua kali. Pertemuan pertama Leylah Fernandez kontra Priska adalah di laga pamungkas penyisihan Grup C. Sementara bentrok kedua mereka terjadi pada laga play off perebutan peringkat 7.

Pada perjumpaan pertama, Priska harus mengakui keunggulan petenis kelahiran tahun 2002 itu dengan skor 4-6, 2-6. Namun selang beberapa hari kemudian, Priska mampu memberi perlawanan sengit pada Leylah. Pada pertemuan kedua, Priska menyerah dengan angka 5-7, 5-7.

Pada ajang yang berlangsung mulai 25 s/d 30 September 2018 tersebut, selain bertemu di nomor tunggal, Priska dan Leylah juga bersua di nomor ganda. Kala itu, Priska Madelyn Nugroho yang berpasangan dengan Janice Tjen melawan Leylah Fernandez yang berduet dengan Jada Bui bertanding di babak penyisihan grub C.

"Pemain kita jauh bisa lebih beradaptasi dengan permainan lawan. Sayang keberuntungan belum di pihak kita." tulis Ryan Tanujoyo, kapten sekaligus pelatih Tim Fed Cup yunior Indonesia, dalam siaran persnya yang diterima oleh ayotenis (01/10).

Kini setelah berlalu hampir tiga tahun, Leylah Fernandez menjelma menjadi kekuatan baru tenis dunia yang menakutkan. Satu per satu bintang tenis dibantainya di perhelatan turnamen Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021.

Pada putaran pertama salah satu turnamen terakbar di muka bumi itu, Leylah membekuk petenis Kroasia, Ana Konjuh dalam dua set langsung, 7-6(3), 6-2. Di putaran kedua Leylah mempecundangi Kaia Kanepi dari Estonia, juga dalam dua set langsung, 7-5, 7-5.

Di putaran ketiga Leylah membuat kejutan besar dengan berhasil menjungkalkan unggulan ketiga sekaligus juara bertahan, Naomi Osaka dari Jepang. Laylah menjegal Naomi lewat pertarungan sengit yang berlangsung tiga set yang berkesudahan dengan skor ketat 5-7, 7-6(2), 6-4.

Kedigdayaan petenis berusia 19 tahun itu tak berhenti, pada babak 16 besar giliran petenis unggulan lainnya, Angelique Kerber dari Jerman yang jadi korban. Leylah Fernandez mendepak peraih tiga gelar juara Grand Slam itu dengan skor 4-6, 7-6(5), 6-2.

Laylah belum terbendung dan meneruskan langkah impresif, di perempatfinal ia kembali membuat kejutan dengan berhasil menumbangkan unggulan kelima, Elina Svitolina dari Ukraina. Laylah menggasak istri Gaël Monfils itu melalui duel rubber set yang berkedudukan akhir 6-3, 3-6, 7-6(5).

Pada babak semifinal, Laylah bakal kembali menghadpi petenis unggulan, kali ini Aryna Sabalenka dari Belarusia yang merupakan unggulan kedua.

Leylah Fernandez Melaju ke Final Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. Ini Dua Petenis Indonesia yang Pernah Berduel Dengannya

Priska Madelyn Nugroho (paling kanan) bersama tim Fed Cup Junior Indonesia 2018