Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Turnamen RemajaTenis Jakarta-94 Usai, Inilah Juaranya

ayotenis.id, Jakarta, 30 Agustus 2021 - Setelah sempat tertunda beberapa waktu karena PPKM Level 4, Kejuaraan Tenis yunior bertajuk "RemajaTenis Jakarta-94" akhirnya dapat terlaksana pada tanggal 27 s/d 29 Agustus 2021 di Jakarta.

August Ferry Raturandang bersama finalis
KU 14 Putra RemajaTenis Jakarta 94
Gelar juara terdistribusi rata ke beberapa daerah kecuali dua kelompok umur yang diborong oleh petenis asal Tegal, Jateng, yaitu gelar juara kelompok umur 10 tahun putri yang direngkuh oleh Khairana Dhea Mahira dan titel juara kelompok umur 18 tahun yang disabet oleh Arif Wisnu HariyantoSisanya berhasil dimenangi oleh para petenis muda dari kota Depok, Karawang, Slawi , Semarang, dan Jakarta.

Kejuaraan tenis RemajaTenis Jakarta-94 mempertandingkan nomor tunggal putra dan putri, yang dibagi dalam kelompok umur 10 tahun, 12 tahun dan 14 tahun. Khusus untuk kelompok umur 18 tahun hanya memainkan nomor tunggal putra saja.

Di babak final kelompok umur 18 tahun, Arif Wisnu Haryanto asal Tegal menghentikan perlawanan petenis muda Indramayu, Arviansyah Galih dengan kemenangan telak straight set, 6-1,  6-2.

Dan di babak puncak kelompok umur 10 tahun, petenis Tegal lainnya, Khairana Dear Mahira berhasil menghempaskan petenis DKI Jakarta Isabel Karjono dengan angka, 8-5, untuk mengamankan gelar juara dalam genggamannya.

Petenis Ibu Kota yang kebagian gelar juara adalah, Raffa Rizky Ramadhan yang menyabet titel kelompok umur 12 tahun putra. Ia tampil sebagai kampiun usai memenangi laga final atas petenis dari Bandung Keanu Sinclair Liem. Raffa Rizky Ramadhan menang dengan angka 8-3.

Nomor tunggal putra kelompok umur 10 tahun jadi milik Rafael Enrico Pribadi setelah ia memenangi partai puncak berlabel "all Depok final" melawan rekan se kotanya, Much. Ja'far Harisah. Pada laga itu Rafael Enrico Pribadi menang dengan angka 8-1.

Final nomor tunggal putri kelompok umur 12 tahun yang memainkan Yosheline Odelia Vicenta dari Slawi kontra Benedicta Edwina Theodorius asal Bandung, berhasil  dimenangkan oleh Yosheline Odelia Vicenta dengan angka 8-4. Hasil itu sekaligus memastikan Yosheline Odelia Vicenta tampil sebagai juara nomor tunggal putri kelompok umur 12 tahun.

Berikutnya partai final nomor tunggal putra kelompok umur 14 tahun yang mempertandingkan Raihan Somantri asal Karawang Raihan Somantri melawan Reifan Mu'izzataya Mantadiredja dari Serang, dimenangkan oleh Raihan Somatri straight set, 6-3,6-2.

Titel juara nomor tunggal kelompok umur 14 putri berhak disandang oleh petenis asal Semarang, Zahra Almira Yusmawan, setelah ia memenangi laga pamungkas kontra petenis tuan rumahViera Kharisma Noviyanti. Zahra Almira Yusmawan menang straight set 6-2, 6-4.

Kejuaraan RemajaTenis Jakarta-94 diikuti oleh sejumlah petenis yunior yang datang dari berbagai kota dan daerah, yaitu Bangka, Semarang, Slawi, Tegal, Depok, Indramayu, Bandung, Serang, Tangerang, Bekasi dan Jakarta. Agar tidak melanggar PPKM, panitia membatasi jumlah peserta, dan juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bagi para orangtua maupun pelatih yang mendampingi anak atau muridnya, diwajibkan sudah di vaksin.

August Ferry Raturandang selaku promotor RemajaTenis menerangkan, kejuaraan RemajaTenis merupakan turnamen akar rumput (grass-root), maka pertandingan dimainkan dengan sistem round robin sehingga peserta mndapat kesempatan bertanding sebanyak mungkin. 

"Dan juga sistem pertandingan yang lazimnya dalam turnamen nasional maupun internasional yaitu Pro-set untuk kelompok umur 10 tahun dan 12 tahun sedangkan KU 14 tahun, 16 tahun berlaku the best of 3 set dimana jika kedudukan 1-1 maka set ketiga berlaku suoer tie break." ucap August Ferry Raturandang kepada ayotenis.id (30/8).

Lebih jauh dikatakan oleh Pria yang lebih akrab dipanggil Opa AFR itu, Kejuaraan RemajaTenis akan bergulir kembali pada bulan September mendatang.

"Untuk pelaksanaan bulan September telah disiapkan tanggal 11-12 September 2021 dan 25-26 September." tutupnya.