Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ITF WC 100K Landisville: Aldila Sutjiadi Kalahkan Petenis Amerika Serikat

ayotenis.id, Landisville, 10 Agustus 2021 - Anggota skuad tenis putri PON (Pekan Olahraga Nasional) Jatim, Aldila Sutjiadi, mengawali aksinya di turnamen tenis ITF (International Tennis Federation) Landisville dengan hasil apik. Dila, sapaan akrab Aldila Sutjiadi, berhasil menjejakkan kaki ke putaran dua kualifikasi usai mencetak kejutan dengan menumbangkan petenis peringkat 219 WTA, Robin Anderson yang didapuk sebagai unggulan ke-14.

Aldila Sutjiadi sedang di Gym
Bermain pada Selasa (10 Agustus 2021) dini hari WIB, Dila harus bertarung keras selama tiga set untuk dapat mengandaskan perlawanan petenis yang juga pasangannya di nomor ganda tersebut.

Dila unggul 1-0 terlebih dahulu pada set pertama setelah mengunci set tersebut dengan kemenangan tipis 7-6(3). Tertinggal 0-1, pada set kedua Robin Anderson mencoba bangkit dengan memberi perlawanan lebih berarti. Usahanya tidak sia-sia, petenis negeri Joe Biden itu berhasil merebut set kedua dengan angka 7-5.

Keadaan berimbang 1-1 memaksa laga harus dituntaskan melalui set penentuan yang menggunakan format Super Tie Break. Dila cukup mendominasi jalannya set ketiga dan akhirnya berhasil mengamankan set penentuan dengan skor 10-6.

Kemenangan ini sekaligus membawa Dila melangkah ke babak final kualifikasi untuk bertarung menghadapi lawan yang lebih tangguh, yakni petenis unggulan ke 4 kualifikasi, Tatjana Maria dari Jerman yang di pertandingan sebelumnya berhasil menyingkirkan petenis Amerika Serikat, Victoria Duval. Tatjana Maria menghempaskan Victoria lewat duel sengit rubber set yang berkedudukan akhir 5-7, 6-4, 13-11.

"Puji Tuhan, di babak kualifikasi ITF WC 100K Landisville, Aldila berhasil melaju ke R2-Q setelah mengalahkan Robin Anderson (pasangan Gandanya) dengan skor 7-6(3) 5-7 10-6. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya" tutur Indriatno Sutjiadi kepada ayotenis.id (10/8).

Petenis putri Indonesia yang juga tampil di turnamen bertitel "W100 Landisville, PA - Koser Jeweler Tennis Challenge" ini, Jessy Priskila Rompies, hanya akan bermain di sektor tunggal. Eci, panggilan karib Jessy Rompies, bakal kembali berpasangan dengan petenis Thailand, Peangtarn Plipuech seperti saat merengkuh gelar Juara WTA Concord minggu lalu.

Pada babak 32 besar, pasangan Asia Tenggara itu harus langsung berjibaku menghadapi lawan tangguh, yaitu pasangan unggulan utama, Greet Minnen dari Belgia dan Lesley Pattinama Kerkhove asal Belanda.

Sementara itu petenis kawakan Merah Putih lainnya, Beatrice Gumulya, yang bertanding di salah satu turnmen tenis kasta tinggi, yaitu WTA (Women's Tennis Association -red) 1000 Montreal, gagal melangkah lebih jauh.

Berduet dengan petenis Britania Raya, Emily Webley Smith, pasangan beda negara ini langsung tersingkir usai menderita kekalahan dari pasangan ganda Kanada, Carol Zhao/ Melodie Collard.

Berlaga di lapangan 5 Iga Stadium, hari Selasa (10 Agustus 2021), Beatrice / Emily harus mengakui keunggulan duet wild card tersebut dalam dua set langsung,  2-6, 3-6.