Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aldila Sutjiadi Juara di Amerika Serikat

ayotenis.id, Charleston, 27 Juni 2021 - Prestasi mengagumkan kembali diukir oleh petenis putri nomor 1 Indonesia, Aldila Sutjiadi. Dila, demikian peraih medali emas cabang olahraga tenis diajang Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 itu lebih akrab disapa, yang berpasangan dengan Fanny Stollar dari Hungaria, sukses menyabet gelar juara nomor ganda turnamen tenis ITF (International Tennis Federation -red) Women's Circuit $60K Charleston, South Carolina, USA.

Aldila Sutjiadi/Fanny Stollar
Juara ITF Womens Circuit $60K Charleston, South Carolina, USA
Pasangan beda negara itu tampil sebagai yang terbaik, menyusul kemenangan yang mereka bukukan di laga pamungkas melawan duet tuan rumah, Peyton Stearns/Rasheeda Mcadoo. 

Bermain di lapangan tanah liat Charleston, Minggu (27 Juni 2021) dini hari WIB, Aldila Sutjiadi/Fanny Stollar langsung tancap gas sejak laga dimulai. Duet negeri Paman Sam dibuat tak berkutik dan seakan tak berdaya menghadapi gempuran-gempuran pasangan unggulan teratas itu. Aldila Sutjiadi/Fanny Stollar secara perkasa memborong habis enam game beruntun, yang berarti memberi hadiah kue bagel bagi Peyton Stearns/Rasheeda Mcadoo. Aldila Sutjiadi/Fanny Stollar mengunci set pertama dengan kemenangan telak 6-0. 

Meski kalah telak di set pertama dan tertinggal 0-1, namun Peyton Stearns/Rasheeda Mcadoo yang pada babak kuarterfinal membuat kejutan dengan menekuk duet unggulan keempat, mencoba bangkit serta memberi perlawanan lebih berarti di set kedua. Usaha mereka tak sia-sia, kejar mengejar angka pun tersaji ketat di set kedua yang membuat pertarungan berjalan lebih menarik dibandingkan set sebelumnya.

Akan tetapi Aldila Sutjiadi/Fanny Stollar yang tampil solid sejak awal turnamen dan belum kehilangan satu set pun, mampu meredam kebangkitan Peyton Stearns/Rasheeda Mcadoo. Duet gado-gado itu tak berlama-lama segera menuntaskan set kedua. Aldila Sutjiadi/Fanny Stollar menutup set tersebut dengan skor 6-4 untuk sekaligus memastikan gelar juara nomor ganda turnamen tenis ITF Women Circuit $60K Charleston 2021 dalam genggaman mereka. 

"Puji Tuhan , Ganda Aldila (Indonesia)/Fanny Stoller (Hungaria) berhasil memenangi kejuaraan ITF Women Circuit $60K Charleston, South Carolina. Terima kasih atas perhatian dan dukungan serta doa teman-teman semua." tulis Indriatno Sutjiadi, ayah Aldila Sutjiadi, dalam keterangan pers yang diterima ayotenis.id seusai Upacara Penghormatan Pemenang (27/6).

Dengan tampil sebagai jawara di turnamen tenis profesional berhadiah total 60.000 dollar AS atau setara Rp 866.673.000,- ini, ranking Aldila Sutjiadi melesat ke posisi 145 WTA (Women's Tennis Association -red). Ini merupakan peringkat tertinggi yang pernah digapai Aldila Sutjiadi sejauh ini. Kita semua berharap ranking petenis kelahiran tahun 1995 itu terus melesat menembus 100 besar dunia, dan bahkan bila mungkin dapat merenggsek ke jajaran elite dunia.

Gelar juara ini Charleston menambah koleksi titel ITF menjadi 13 dan merupakan gelar dari turnamen profesional terbesar kedua yang pernah direngkuh oleh Aldila Sutjiadi. Bulan Mei lalu, Aldila Sutjiadi yang bertandem dengan petenis Selandia Baru, Erin Routliffe, sukses merengkuh gelar juara di turnamen ITF W100K Bonita Springs.